26
Nov
09

Sekilas pendidikan farmasi di belanda

Kalau selama ini mungkin merasa bahwa pendidikan apoteker di Fakultas Farmasi itu sangat susah, sebenarnya itu belum ada apa2xnya dibandingkan dengan pengalaman saya selama disini. Pendidikan apoteker yang dituntut selama 2 tahun dan training yang dilakukan selama 4 tahun (wajib), belum lagi sertifikasi spesialis, maka tak heran jika mereka lulus sebagai apoteker dengan penuh kebanggaan.

Instropeksi ya…dengan wacana ini.

Apoteker disini sungguh percaya diri dengan ilmu yang sudah mereka tempuh selama sekian lama. Pendidikan PhD rata2x dijalani oleh mereka yang berusia 30 tahun kebawah, saya termasuk balung tuwa disini. Artikel mereka lahap dengan cepat, presentasi artikel secara reguler dilakukan, kemauan belajar tinggi. Diskusi dengan dokter sudah merupakan kebutuhan. Subhanallah..seandainya pendidikan farmasi kita seperti ini, saya yakin lulusan kita akan lebih baik dalam menapaki dunia kerja. Mereka begitu care terhadap pasien dan yang penting mereka begitu menghargai waktu.

Saya melihat sendiri bagaimana apoteker disini merancang suatu clinical trial untuk obat baru. Dalam hati saya membandingkan dengan Indonesia yang apotekernya belum memikirkan tentang clinical trial. Selama ini clinical trial milik dokter di tempat kita. Tapi disini, apoteker berperan serta.

Saya melihat kesederhanaan mereka, berpakaian sederhana, tidak bermakeup, tidak memakai perhiasan, ke kantorpun naik sepeda (dekannya juga lho), tapi di dalam kepala mereka tersimpan ilmu yang luar biasa. Di dalam hati mereka tersimpan care yang luar biasa terhadap pasien. Dibandingkan dengan pola hidup kita yang kadang bermewah dari sisi penampilan, tapi kita tidak mempunyai apa2x dan tidak mempunyai care terhadap pasien. Jam kerja mereka luar biasa, everything for the patients……………., kalau kita kadang mikir …dapur yang tidak berasap

Pembimbing saya seorang profesor, dia tidak pernah mau dipanggil profesor.Dia minta dipanggil nama depannya saja, tanpa mr or miss or bapak or ibu. Well, they are very simple person with deep charity

I am very impressed with their frame of work, so… be proud to be a pharmacist, especially from Ahmad Dahlan University.


0 Responses to “Sekilas pendidikan farmasi di belanda”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: