02
Dec
09

Sudahkah kita mencoba?

Barangsiapa di antara kamu melihat kemunkaran, maka hendaklah ia mengubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu cegahlah dengan lisannya, dan apabila tidak mampu maka dengan hatinya. Yang demikian itu adalah selemah-lemah iman. (Hadits riwayat Imam Muslim).
Selemah-lemahnya iman adalah imannya seseorang yang ingin mencegah kemunkaran dengan tangannya tapi tidak mampu, dan ingin mencegah dengan lisannya tapi tidak mampu juga, lantas ia hanya bisa mengingkari kemunkaran tersebut dengan hatinya. Hanya mereka yang punya alasan kuat atas ketidakmampuannya mencegah kemunkaran dengan tangan dan lisannya sajalah yang berhak merasa lega mendengar hadits ini. Hal ini sejalan dengan definisi iman yang juga meliputi perbuatan. Jika tidak mampu berbuat atau berucap, maka itulah selemah-lemahnya iman. Tapi harus ada alasan yang bagus atas ketidakmampuan tersebut, minimal sudah ada usaha atau perencanaan ke arah situ. Bagaimana dengan mereka yang mencari-cari pembenaran agar tidak perlu melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar dengan hadits ini? Pantaskah mereka merasa dirinya beriman?

Kita sering memberi cap “tidak mungkin” pada hal-hal yang kita anggap sangat sulit untuk dilakukan. Padahal, sulit bukan berarti tidak mungkin. Kita hanya malas mencoba. Kita mencari-cari pembenaran agar hidup kita ‘aman-aman saja’, dan tidak perlu susah-susah. Ternyata, soal iman pun kita bersikap demikian.

Kalau tidak pernah mencoba atau tidak pernah melakukan perhitungan yang cermat terhadap sesuatu, maka tentu kita tidak ada hak untuk berkata “tidak mampu”. Betapa luar biasa tidak tahu malunya mereka yang berkata “saya tidak mampu”, padahal kalimat yang tepat untuk diucapkannya adalah “saya terlalu pengecut”. Ya, sebagian manusia memang terlalu pengecut untuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar. Memang agama Allah ini hanya milik para pemberani saja.

Mari kita renungkan, siapa diri kita…


0 Responses to “Sudahkah kita mencoba?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: