02
Dec
09

Dalam bagian perjalanan ini, akan saya ceritakan perjalanan ke luar negeri yang pernah saya alami

Bangkok, Thailand

Perjalanan ke Thailand saya lakukan untuk menghadiri ACCP 6 tahun 2006.
Pada saat itu belum ada bebas fiskal dengan NPWP, sehingga untuk pergi ke Thailand harus membayar 1.000.000 di bagian fiskal.
Thailand adalah Negara yang indah. Saya hanya berkutat di kota Bangkok saja.
Seminar diadakan di Rajavithi hospital selama 3 hari. Dari ACCP yang rutin diadakan setahun sekali tersebut, saya dapat mengikuti perkembangan farmasi klinis di benua lain seperti Australia dan Eropa. JIka dibandingkan dengan Indonesia, bagaikan pungguk merindukan bulan.

Ada kesempatan untuk studi banding ke rumah sakit di Thailand untuk melihat praktek Farmasi Klinis di rumah sakit tersebut. Sungguh suatu kesempatan emas untuk melihat aktivitas Farmasi Klinis di rumah sakit tersebut.
Sistem komputerisasi sudah mendukung pelayanan Farmasi Klinis, peracikan obat dengan mesin, proses etiket dengan robot dan penyimpanan obat sangat baik. Jumlah tenaga Apoteker pun sesuai dengan jumlah pasien yang ditentukan oleh pemerintah.
Perjalanan wisata di Bangkok, sebagian besar saya lakukan untuk mengunjungi temple yang unik dan menarik. Wisata di Bangkok memang hanya seputar temple dengan cirri khasnya sendiri-sendiri.
Cuaca seperti di Indonesia, namun tidak begitu panas, sehingga cukup nyaman untuk berjalan mengunjungi temple.


0 Responses to “Dalam bagian perjalanan ini, akan saya ceritakan perjalanan ke luar negeri yang pernah saya alami”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

