03
Dec
09

Hajj in 2008, the most wonderfull experience

Haji tahun 2008 dengan pemondokan jauh dari Masjidil Haram, tapi meskipun begitu tetap harus dijalani dengan ikhlas. Saya berangkat dari jogja dengan gelombang kedua, bersama dengan ayah ibu mertua namun berbeda kloter…suami belum bisa berangkat karena harus menyelesaikan studi S2 yang sudah mendekati limit waktu. Gelombang kedua sungguh menguntungkan bagi saya, awal perjalanan adalah jeddah, mekah (7 hari), arafah, muzdalifah, mina (kurang lebih 1 minggu), mekah, madinah (8 hari) dan jedah sebelum akhirnya kembali ke tanah air.
Banyak pengalaman yang terjadi di tanah suci, namun masih dalam batas kewajaran. Fasilitas disana untuk jamaah Indonesia memang jauh dari baik. Transportasi susah, jika dapat sopirnya tidak bisa bahasa Inggris, sehingga jika ingin ke masjidil haram, harus dengan orang yang paham dan bisa bahasa arab.
Terkadang kami menginap di masjidil haram untuk menghemat transport transport dan waktu.
Minggu pertama datang ke mekah, saya langsung terkena flu arab, titer IgG CMV saya sebelum berangkat memang cukup tinggi, sehingga butuh stamina yang cukup kuat untuk tinggal di Arab. Alhamdulillah cuma butuh bedrest 3 hari, setelah umroh saya dapat fit lagi. Memang benar ibadah haji ibarat jihad bagi seorang wanita. Perlu fisik yang kuat dan emosi harus tetap dijaga, karena tak jarang masalah muncul interpersonal.
Alhamdulillah saya sudah terbiasa travelling dan menjadi musafir, sehingga bisa adaptasi dengan keadaan seperti ini. Yang perlu diperhatikan disana adalah masalah air yang sering mati, kebersihan kamar mandi yang dipakai orang banyak. Terutama ketika di ARMINA, kita harus mudah adaptasi dengan keadaan yang jauh dari keadaan lngkungan tempat tinggal kita di Indonesia.

Tapi jangan sekali2 mengeluh…dihadapi dengan ikhlas dan tetap tegar , Insya Allah ibadah haji akan lancar.
Pengalaman teman2x membuat saya untuk tetap fokus kepada ibadah, jangan sampai membuat kekeliruan dengan kata2x atau perbuatan kita.


Teman2x ada yang tersesat, tidak bisa keluar dari masjidil haram, tidak bisa melihat kabah, tersesat ke hutan, tidak mendapat jatah makan..Alhamdulilah saya lolos dari semua itu, bahkan saya banyak ditolong oleh jamaah haji dari negara lain disaat tertentu, misalnya ketika hendak memegang Hajar Aswad, seorang jamaah turki membantu saya keluar dari kerumunan di Hajar Aswad, sehingga saya bisa kembali ke jalur yang lebih luas.
Ketika saya kehabisan makanan, seorang koki arab membawa saya ke dapurnya dan memberi saya makanan lengkap sampai krupuk-krupuknya…SUbhanallah…
SAya tidak memuang kesempatan untuk menelusuri jejak Nabi kita, semua ziarah saya ikuti, sampai mendaki gua HIRO, alhamdulillah..kondisi kesehatan saya benar2x diluar dugaan. Keluarga saya yang cemas karena titer CMV yang cukup tinggi selalu memantau perkembangan kesehatan saya disana.
Pertama kali melihat kabah dan saat thawaf saya selalu menangis, memohon agar diberi kesempatan untuk kembali kesini dengan keluarga yang saya cintai Amin…
Madinah adalah kita yang indah, Masjid Nabawi sangat indah dan nyaman, setiap saat saya selalu berusaha untuk datang ke raudhah, sholat dan berdoa. Untuk bisa ke raudhah sungguh butuh kesabaran dan keikhlasan ……

Jeddah merupakan kota modern di arab, saya berkesempatan melihat jeddah di waktu malam, air mancur raksasa di waktu senja, sangat luar biasa…..Alhamdulillah………
Semoga ada waktu, kesempatan untuk kembali ke sana,,,AMin


5 Responses to “Hajj in 2008, the most wonderfull experience”


  1. December 4, 2009 at 8:38 am

    Subhanalloh..pengiiin..Kabulkan Ya Rabb

  2. December 6, 2009 at 5:23 pm

    Saya juga ingin berhaji buk.
    Sebelum jiwa ini tak bergetar mendengar nama-Nya.
    Sebelum raga ini tak bernyawa.

  3. December 8, 2009 at 9:24 am

    Amin..amin..insyaAllah, selalu ada jalan menuju kebaikan, keep fighting…


Leave a Reply

