12
Jul
10

National Cancer Center, Singapore (NCC)

Kupas Tuntas Pelayanan pasien Kanker di Singapore
NCC, merupakan pusat perawatan pasien kanker di Singapore. Sebenarnya dilihat secara sepintas tidak ada yang spesial dari luar. Namun ketika mulai memasuki ruangan, terasa sudah suasana yang lain. Bayangan saya seperti ketika sedang mengambil sampel pada pasien kanker di Indonesia, pasien kanker disini akan tampak menderita, dengan wajah cemas dan ketika ditanya seperti tidak ada harapan, nevertheless…tidak disini. Pasien kanker tidak nampak seperti pasien.
Why? terjawab pertanyaan itu dengan jawaban : fasilitas, pelayanan, jaminan pelayanan dan outcome.
Berikut bagian dari NCC berdasarkan level bangunannya

Pertama, saya masuk ke level 3, tempat perawatan pasien.
Pasien kemoterapi disini yang hanya membutuhkan waktu 4-8 jam akan mendapat fasilitas seperti ini. Mereka duduk di kursi, melihat tv dan enjoy dengan kemoterapi yang masuk. Fasilitas ini sama dengan yang fasilitas di LUMC, The Netherlands. It’s different from Indonesia. Infus masuk dengan teknologi yang modern, rekam medis pasien adalah mobile laptop yang bisa dibawa kemana mana untuk mengawasi kondisi pasien sewaktu waktu.
Sebelum kemoterapi masuk, kondisi baseline pasien akan diobservasi, seperti mual muntah, riwayat penyakit lain dsb. Monitoring efek samping kemoterapi tetap dilakukan meskipun pasien sudah pulang ke rumah setelah perawatan denga memberikan diary record. Perawat akan menelepon pasien setiap hari, untuk memastikan bahwa pasien tidak mengalami efek samping…It’s a big job, but it works…..
These are the pictures:


Contoh fasilitas dapat dilihat juga pada terapi radiasi, di atas alat radiasi yang buesar buanget, ada gambar ikan yang ditempel di atap…sehingga pasien akan merasa relax ketika menjalani radiasi (Lihat gambar ya)
Well, I can not compare this situation with ours. This is a big job, big work, a lot of money and a lot of people…but see then patients’ quality of life will increase because of these all.

Begitulah sedikit contoh dari sisi fasilitas.

Bagaimana dengan pharmacists’ services, leaflet mengenai efek samping kemo, merawat wig untuk pasien dengan alopesia, mengatasi blue feeling akibat cancer, mengatasi anxietas akibat kanker dibuat oleh pihak RS dengan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa China. Ruang counseling. Services oleh 13 farmasis yang selalu move around every day untuk menghadapi 2500 pasien kanker per bulan. Pelayanan rekonsiliasi sitostatika dan iv admixture (wow..), pelayanan farmakogenetika (di rumah sakit gitu lho…ada lab farmakogenetika, farmakologi).

Dan yang saya sangat berharap bisa dilakukan di Indonesia adalah terjalinnya teamwork yang baik antara farmasis akademisi dan praktisi, sehingga kemajuan ilmu bisa dihadapi secara bersama.
Dari jaminan pelayanan muncul adanya penelitian mengenai quality assurance yang dilakukan secara periodek misalnya waktu tunggu, prosentase munculnya adr, prosentasi adr yang bisa diatasi dan bisa dicegah, munculnya coding tertentu terhadap obat2x high alert (digunakan stiker seperti dalam gambar).
Protokol untuk pelayanan selalu di-update dan disesuaikan dengan perkembangan terapi, seperti misalnya protokol kemoterapi, meso, protokol informasi obat dsb.
Setiap kegiatan untuk quality assurance yang dilakukan oleh farmasis di sini terdokumentasi dengan baik dan dipublikasikan di tempat yang terjangkau oleh siapa saja, termasuk pasien, sehingga pasien merasa secure untuk mendapatkan terapi di NCC.


Outcome pasien kanker sudah dilihat dari outcome klinis dan PRO (patient reported outcome),quite a big work, but if they can do, why we can not do?
Lets make simple discussion about this…


0 Responses to “National Cancer Center, Singapore (NCC)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: