06
Mar
11

Pharmarmacy Today _OTC, a summary

Pharmacy Today OTC 02-2011
Majalah ini berisi beberapa artikel yang menarik
1. Sepatah kata dari Editor yang menyayangkan kurangnya ketrampilan bertanya dari mahasiswa farmasis ketika menghadapi pasien yang berkonsultasi mengenai kondisinya saat itu. Mahasiswa itu langsung menunjukkan 1 produk tanpa bertanya lebih lanjut kepada pasien mengenai kondisinya. Editor menyatakan kurangnya kemampuan bertanya mahasiswa terhadap kondisi pasien saat itu. PAdahal tingkat kepercayaan pasien untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh farmasis cukup tinggi sekitar 81%. bagaimana dengan mahasiswa di Indonesia ya, semoga lebih baik
2.Adanya pediatric dosing errors yang disebabkan karena alat untuk memberikan obat yang bermacam macam. Orang tua sering bingung untuk memberikan dosis karena macam macam alat yang disediakan oleh pihak industri. Mereka bingung membedakan teaspoon, tablespoon, syringe dan dropper. Over dosis mencapai 99% ketika orang tua diminta menuangkan obat menggunakan 2 jenis cup yang berbeda dari pabrik. Ditemukan juga adanya inkonsistensi dari pabrik farmasi dalam mencantumkan aturan dosis dalam kemasan dengan kemasan yang digunakan.Inkonsistensi tersebut mencapai 98.6% wow cukup tinggi ya….wah farmasis lagi nih yang harus kerja keras. Data juga menunjukkan bahwa ketika beberapa produk obat batuk dan flu ditarik dari pasaran, bulan December 2010, ternyata kejadian ADE untuk anak kurang dari 2 tahun yang sampai ke UGD berkurang sampai lebih dari 1.5 kali…GREAT. Pada akhirnya kembali farmasis harus bekerja keras untuk memahamkan orang tua pasien anak agar paham cara pemberian obat yang tepat dosis dengan alat yang disediakan.
3.Hati hati terhadap produk suplemen makanan karena didalamnya ada yangmengandung bahan obat yang tidak tertulis di brosurnya. Seperti golongan benzodiazepin, fenfluramin, NSAD, B bloker….kerjaan lagi buat farmasis ya..HARDWORK nih. Apa yang utama dari penggunaan suplemen makanan ini. perlu konsultasi dengan farmasis untuk penggunaan vitamin, obat verbal dan suplemen makanan. Apalagi jika digunakan dengan obat yang diresepkan dokter. Wow…semakin banyak kerjaan farmasis, kita siap gak ya? Hati hati dengan produk yang menurunkan Berat badan, mungkin mengandung sibutramine, body building products dan sexual enhancement products.
4. Treatment untuk kutu rambut. Pahami betul cara treatmentnya (Phermethrin, phyrethrin, cetaphil, spinosad, dimethicone) berapa kali penggunaannya, air apa yang digunakan untuk keramas,apa saja yang harus dilakukan terhadap sarung bantal dllnya
5. Terapi mabuk….Gejala setelah excessive dringking biasanya headache, fatigue, nausea, dehydration, insomnia and poor well-being.Terapi biasanya dengan vitamin dan analgetik. Hati2x dampingi dengan konseling, kapan saat yang tepat untuk minum analgetik.
OK selamat menikmati majalah ini, bisa didownload juga di blog ini.
Veel success
Wslm
Bests
Dyah


0 Responses to “Pharmarmacy Today _OTC, a summary”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: