04
Apr
11

Barcelona and Granada, Spanyol

Dear colleagues,
Akhirnya menulis lagi, setelah sekian lama tertunda.
beberapa saat yang lalu, akhir Maret 2011 aku melakukan perjalanan ke Spanyol dari Belanda. Tujuan utamaku adalah Barcelona dan Granada, sebenarnya pengin juga ke Cordoba, Madrid tapi karena aku hanya punya waktu beberapa hari….so gak sempat kesana.
Maaf juga sebelumnya, karena foto Barcelona dan Granada belum bisa diupload, technical problem ni..(sementara minjem foto eyang google dulu deh)
Ok let’s start:
Aku berangkat dari Amsterdam ke Barcelona by plane. Tidak ada masalah di perjalanan dengan imigrasi. Aku sudah belajar sistem transportasi sebelumnya, dan aku putuskan untuk beli tiket T10, seharga 8.25 euro, karena bisa digunakan untuk 10x perjalanan baik bus, metro maupun kereta api. Beli tiket T 10, pake mesin tiket lho, aku coba beli ke kasir, ternyata petugasnya gak mau melayani, tetep disuruh beli di mesin tiket. Bisa oakai koin, uang kertas, atm, credit card.
Bandara Barcelona jauh dari city center, so kalau mau ke city center bisa naik bis 46 (1x perjalanan sekitar 1.25 euro) berhenti plasa espanya atau aerobus (5.80 euro) berhenti di plasa catalunya, selanjutnya karena aku kantong pelajar milih pake bis dan lanjut metro. Murah meriah deh. Nah hati2x jangan sampai tiba di Bandara lewat dari jam 11 malam, karena bus, metro, kereta sudah off, tinggal aerobus yang agak mahal, dan taxi, gak ada pilihan kan?
Karena waktuku cuma sebentar, aku milih wisata dengan hop on hop off bus yang centernya ada di plasa catalunya (17 euro). Bisa sehari, 2 hari, 3 hari. Tergantung biaya dan tempat yang mau dikunjungi.
Namanya Eropa, lagi lagi yang dilihat adalah taman, gedung tua,….aku tidak begitu tertarik dengan itu…yang menarik lapangan sepakbola club spanyol. Aku kasih bocoran deh, kunjungi saja Museum gaudi, lapangan sepak bola, shopping di Diagonal yang murah, Familia Sagrada…itu juga kalau mau nekorke kaki….so hop on hop off, for me is the best deh…tidak tekor di kaki dan murah meriah sampai kemana aja.

Esoknya kami ke Granada, sampai di bandara granada sudah ada bis khusus yang ke city center (1.62 euro), tiap jam berangkat sampai jam 8 malam pemberangkatan terakhir. Aku berhenti di catedral (pemberhentian terakhir), langsung di shopping center (kayak malioboro). Nah dari situ aku sambung minibus kecil line 30 ke Alhambra (0.62 euro). Sampai di Alhambra, beli tiket 12 euro dan masuk.
Ada tricknya ni biar gak tekor kakinya di Alhambra. Disini kita kenali deh budaya muslim eropa…(lebih menarik dibanding barcel,for me…). Pertama,langsung saja ke Nasrid Palace untuk melihat peninggalan budaya islam disana, then ke alcazaba baru general life.
Kalau anda termasuk orang yang senang ukir ukiran, mesti euforia deh kesini, kalau aku seneng pengalamannya aja jalan jalan dan turut merasakan aura keislaman di eropa..

Jangan sore sore pulang dari alhambra ya, balik lagi pakai minibus line 30, ke cathedral dan bisa langsung ke tempat tunggu bis bandara.
Enjoy juga 3 hari di Spain, serunya berburu metro dan cari transport murah, serunya cari makanan halal…disitu fun nya kalau untuk aku jalan-jalan ala back packers. Backpackers lho ya…so jangan berharap kemana mana akan naik taxi, becak…..emang malioboro.

Intinya..Spain is nice with the old ancient buildings, jangan sampai tidak ke granada jika sudah di Spain ya…kenali budaya islam disana

Hati-hati mereka males juga bahasa inggris, meskipun kita tanya pakai bahasa inggris yang grammarnya 123% betul pun, mereka tetap menjawab pakai bahasa spain…..Nah untuk belajar cepat bahasa spain umum, buka aja deh website transportasi umum di barcelona,paling tidak paham utara selatan:)
OK …success for you alll
Bests
Dyah


5 Responses to “Barcelona and Granada, Spanyol”


  1. 1 Ria
    April 6, 2011 at 1:21 pm

    Jadi kalau datang ke eropa mesti siap-siap belajar berbagai bahasa ya mom?
    Wow… Keren…keren…πŸ˜€

  2. 2 Ardian Setyo Nugroho
    April 6, 2011 at 1:59 pm

    wah keren buk.,,..
    aq jd kpengen….hihi

  3. 4 Dika
    July 15, 2011 at 12:50 pm

    Asslm..
    Bu’ Dyah..
    Bagus sekali blognya..sangat inspiratif..
    Dilihat dari blognya, sering ya ke manca negara (^_^)b

    Kalau boleh berbagi..
    apa saja tipsnya biar bisa ‘go aboard’ dengan bekal farmasi?..
    tentunya dengan biaya gratis..hehe..

    -mhs. farmasi yang tidak sengaja menemukan blog ini-πŸ™‚

    • August 21, 2011 at 11:35 am

      Salam Dika,
      senang sekali bisa menemukan mahasiswa yang berminat untuk mengikuti jalan saya…harapan saya malah lebih jauh dari yang bisa saya lakukan saat ini. Sebenarnya kuncinya adalah ketekunan, kemampuan mencari dan membaca peluang selain doa mestinya ya. Ketekunan bukan berarti saya tekun…tapi awal mendapat kesempatan ini adalah kegagalan berkali kali yang mungkin kalau orang lain mengalami sudah putus asa. tapi dengan tanpa rasa malu karena kegagalan berulang tersebut, saya jalan terus. kemudian kemampuan membaca peluang sudah saya lakukan ketika mulai kuliah di s1, ketika teman teman lain sibuk dengan aktivitas main dsb…saya menyibukkan diri dengan mengambil kursus bahasa, musik yang mungkin saat itu orang berpikir what is it for?…tapi ya itu saya lakukan untuk mendapat bekal, mencari uang dengan ketrampilan tersebut….gitu Dika…terus berusaha ya…don’t hesitate to contact me kalau pengin tahu segala sesuatu..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: