21
Aug
11

Phillipine via Brunai Darussalam, ACCP 11…Public Health Pharmacy

Menghadiri ACCP 11

Perjalanan ACCP 11 ke filipina kali ini melewat Brunai Darussalam, menginap semalam disana untuk sekedar city tour.
Sepintas mengenai Brunai, kota yang bersih, indah, rapi, very organized, islam banget ……dan makmur.
Indah memang, tapi untuk tourism, sepertinya tidak begitu menarik ya, kalau pengin cari nuansa islam nya sih boleh lah…..Sedikit foto di Brunai ya…yang lain bisa dilihat di FB

Perjalanan selanjutnya adalah menuju tempat conference, Manila, Filipina. Perjalanan di pesawat sangat menegangkan, karena pada saat itu terjadi taifun…dan kami sempat tertahan di udara untuk beberapa saat. Konon taifun itu berasal dari 2 tempat yang bergabing jadi satu di Manila. Sampai di hotel, saya terkejut dengan efek taifun tersebut, semalaman angin tersebut berbunyi….tak henti henti dan terdengar nyaring di dalam kamar kami. kebetulan saya sekamar dengan Bu tri dari Fa UGM.
Kesan ketika di manila…serasa pulang ke Indonesia banget.
Bahkan untuk beberapa poin, lebih indah di Indonesia daripada di manila….he he not recommended deh….
Barang juga mahal, tapi untuk tempat wisata lain di pulau lain kata Eric (teman dari filipina ) bagus. cuma kami tidak punya waktu untuk kesana…kan conference….he he he

Tentang ACCP nya sendiri….jujur saja, saya sudah mulai agak bosan. Awalnya, mengikuti perkembangan Farmasi klinis di Asia khususnya…memang menarik, karena memang kita perlu mengetahui perkembangan di luar Indonesia. namun setelah beberapa tahun saya mengikuti dari waktu ke waktu, tampaknya sedikit progressnya.
Mungkin untuk kedepannya saya akan lebih banyak ke ISPOR ASIA atau ICPE ASIA, banyak courses yang ditawarkan dan updatenya lebih progress banget….

Farmasi Klinis yang menarik saat ini adalah adanya home care Pharmacy atau Public health Pharmacy yang dipelopori oleh Manila. Roderick Salenga merupakan salah satu akademisi yang menyusun kurikulum Public Health Pharmacy…..saya belajar banyak dari dia, mengenai konsep kurikulumnya dan bagaimana aplikasi Public Health Pharmacy di Filipina. Kami punya pandangan sama bahwa CLinical Pharmacy harus bisa mencakup berbagai bidang, tidak hanya komunitas, rumah sakit, namun ada field lain yang juga harus disentuh oleh Pharmacist. Salah satunya adalah Public Health. Siapa yang mau bergabung dengan saya untuk mulai memikirkan konsep ini? Bagaimanapun juga networking sangat diperlukan untuk mewujudkan hal ini.
salam dan sukses
dy


0 Responses to “Phillipine via Brunai Darussalam, ACCP 11…Public Health Pharmacy”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: