05
Nov
11

Menjelang akhir pendidikan di F Kedokteran UGM

Dear colleagues,
Lama sekali rasanya tidak menulis sesuatu di sini. Karena persiapan saya menghadap ujian doktor di FK UGM dan berbarengan dengan saat saya menghadapi persiapan public defense di Leiden University Medical Centre.
Dan terus terang ini mengurangi volume saya untuk berpergian.
Persiapan ini diawali dengan semua persiapan untuk ujian terbuka, dari undangan, catering, dan acara di rumah. Selain itu saya juga mempersiapkan acara prof.Henk-Jan ketika 5 hari berada di jogja. Plus persiapan manusript untuk ujian di leiden yang masuk dalam tahap lay out setting, sehingga harus meneliti kata per kata untuk meminimalisir kesalahan. 2 minggu yang menegangkan, kebetulan anak anak juga menghadapi ujian mid semester….complicated situations….
Sampai saat kedatangan prof Henk-Jan, alhamdulillah semua lancar. Bisa berkunjung ke beberapa universitas, menjadi pembicara di seminar nasional dan juga mengikuti beberapa perjalanan wisata seperti ke borobudur, kraton, prambanan dan merapi.
Ketika ujian terbuka (14 october 2011), alhamdulillah semua lancar. Yang terpatri di pikiran saya saat dinyatakan lulus adalah “jer basuki mowo beya”, segala sesuatu memang harus disertai dengan usaha, termasuk di dalamnya biaya yang cukup besar untuk sekolah, namun ketika ikhlas untuk menjalani semua itu, insya Allah, hasilnya akan sangat memuaskan.
kini saya memulai perjalanan lagi untuk melanjutkan studi ke tahap berikutnya, yaitu public defense di LUMC, yang insya Allah akan diadakan bulan Januari 2012.
Sebelum saya akhiri, pesan dari Prof Hakimi akan selalu saya ingat, berikut yang cukup saya ingat dengan baik: Saya cukup bangga karena menjadi orang yang pertama kali memmanggil anda dengan gelar doktor. “Dan saya minta untuk selalu diingat, teruskan kegiatan anda sebagai seorang peneliti, gelar doktor ini bukanlah akhir dari segalanya dan bukan awal dari sesuatu, namun adalah awal dari suatu akhir…”
Meskipun hanya sedikit yang saya ingat, namun cukul memberikan kesan yang mendalam dan membuat air mata keluar karena mengingat perjalana 4.5 tahun untuk mendapatkan sesuatu yang tidak mudah.
Semangat..semua memberi semangat, mendoakan, turut prihatin, karena meninggalkan keluarga selama 3 bulan..
Sukses untuk semua….


0 Responses to “Menjelang akhir pendidikan di F Kedokteran UGM”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: