29
Nov
11

Prosedur menuju public defense di lumc

Dear colleagues,
Berbeda dengan tempat sebelumnya aku menjalani ujian doktor, di lumc ini segala sesuatunya teratur, terencana dan in time. Administratif sekali memang…selama 1 bulan pertama ini, kegiatan administratif yang aku jalani disini. Kalau gak telaten…memang bisa pusing sendiri. Bukan maksudnya untuk mengatakan aku telaten, tapi lebih tepat, aku sudah terbiasa sekali dengan kegiatan administratif seperti ini, hasil gojlokannya ujian di indonesia.
Dari bukan oktober proses lay out dan design cover sudah mulai. Jadi ketika aku tiba disini bulan november semua sudah selesai. Tinggal menyusur sedikit sedikit kesalahan kata, huruf, angka…
Awal november proses surat menyurat dimulai, dariku yang minta ijin ke decaan, kemudian surat kesediaan promotor, surat promotor menjawab bersedia ke decaan, surat promotor menunjuk defense comittee dan oppotitie committee, surat pengajuan comittee ke decaan, surat persetujuan dari decaan, surat approval dari comittee bahwa mereka setuju aku ujian (1 bulan mereka baca). apa lagi ya….oh ini surat dari promotor ke decaan bahwa comittee setuju….surat approval decaan, nah baru setelah semua surat itu saya file, aku registrasi ke biro pedel pakai lampiran 7 dan on line . Bijlage/ lampiran 7 juga dikirim ke decaan, lalu ke sana cari tanggal sambil menyerahkan bijlage 4,5,6…..yaitu admission letter, approval decaan. Then pedel kasih alternatif tanggal dan jam. Proses selanjutnya tanggal dan jam diedarkan ke semua anggota komisi…..butuh waktu seminggu, akhirnya keluar 11 januari jam 15. Lalu saya kirim non scientific parts ke decaan..title page, list of content, defense comittee, colophon, summary in ducth, cv, acknowledgements, list of publications.
Setelah diacc….ternyata ada yang gak diacc lho ucapan terimakasihnya….nama sma juga harus disebut, hal ini sedikit mengingatkan saya, bahwa saya sudah melupakan almamater sma. Maaf sebelumnya bapak/ ibu guru SMA 1 yogyakarta.
Lalu setelah non scientific part diacc, termasuk sampul dan invitation…….selesai sudah dan muncul approval untuk cetak. Jangan lupa siapkan ISBN sebelumnya, biar pas mau cetak gak kelabakan…wow mana isbn nya…
Nah dengan percetakan sendiri, harus berburu dengan waktu….kirim blueprint, tanda tangan, kirim lagi……transfer uang, …he he…
Marion sampai senyum senyum lihat aku kelabakan seminggu ini.
Wah ada yang lupa….setelah semua komite setuju satu tanggal, jangan lupa balik ke pedel dan blok tanggalnya ya…..kalau nggak diambil orang tuh.
Btw….semula teman teman menyangsikan aku daftar november bisa dapat tanggal di januari, biasanya meeka 4 bulan sebelumnya dapet tanggal, karena penuh. Kemudahan…itu yang selalu aku harap…karena pas aku
cari tanggal di januari ternyata masih banyak kosong……alhamdulillah.
Ada satu catatan yang berkesan disini, mengenai ucapan terimakasihku yang ditolak…mereka tahu aku muslim, sehingga dalam menyampaikan pesan ini, sangat berhati hati, takut aku sedih….no worries, i can
manage it, Dia Maha Tahu..
Berikutnya adalah, arrange resepsi dan dinner setelah promosi, tapi itu bisa sambil jalanlah…agak santai. Setelah kita dapet tanggal, sengan sendirinya pihak faculty club akan menghubungi kita untuk resepsi dan kita tinggal pesen aja…….gak boleh bawa makanan dari luar lho…
Saat ini aku sedang menyusun daftar invitation, buat label….tempel ke amplop lalu setelah buku jadi segera kirim…
Sedikit cerita ini mudah mudahan bisa membantu teman teman yang akan ujian juga.

Sukses
Dyah


0 Responses to “Prosedur menuju public defense di lumc”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

