16
Jan
12

Akhirnya…PhD dari LUMC, Leiden University, the oldest university in Holland

Menjelang 11 Januari 2012, jam 15.00…luar biasa perasaan ini. Nervous jelas, takut sedikit, banyak juga ding, kecewa sedikit karena tidak ada pendamping keluarga. Tapi ya sudahlah dihadapi saja. Sudah latihan proef promotie, agak tidak memuaskan, karena pertanyaan pertama sangat sulit dan I have no idea bout that at all…jadi speechless, tapi pertanyaan kedua ketiga lancarlah.

Kurang seminggu sudah gak karuan lagi rasanya, bener bener harus menata hati dan pikiran. Hmm jatuh lagi dari sepeda, hipersekresi asam lambung, ….demam, diare, mual dan muntah. Kagak ada enaknya. Sampai co prom dari Indonesia dateng, pagi pagi udah dicuci bersih mind ku. Nah pagi tanggal 11 Januari itu, baru kunikmati bener perasaan mau defense. Iya deg-deg an tapi nikmat rasanya….Bayangin academic gebouw, bayangin ruangan defense…nikmat nikmat bener deh…luar biasa, amazing few hours before defense….

Sebelum defense, keluarga di Indonesia kumpul, skype-an sebentar, terus dandan, siap siap, dengan paranim dan H Latief yang sudah siap ngawal dari rumah. Sampai di academic gebouw, beberapa teman sudah ngumpul. Marion sudah di pintu gerbang, mempersiapkan sapu tangan, karena dia janji akan menangis untukku setelah defense.

Jam sudah mendekati 15.00, mas Din Wahid sudah ada, tinggal deg deg an nunggu Nielka van Erp, paranim yang satunya. Akhirnya dia dateng, langsung aku dipeluk sampai digendong…kita foto foto sebentar di ruang pedel…terus siap jalan ke ruang defense.

Apa yang kurasakan saat itu, selain semua mata tertuju ke kami bertiga yang menuju ke tempat duduk untuk ujian.

Sampai tiba saatnya rektor, promotor dan co-promotor serta para opponents masuk. Auranya sudah beda lho, semua serba hitam. Aku lihat co-promotor dari Indo yang sempat senyum dan HJ yang sempat winking. Extra ordinary, dia gak pernah melakukan ini ke mahasiswa yang lain…hanya untuk membuatku relaks mestinya.
Pertanyaan demi pertanyaan kulalui. Giliran pertama adalah pak Itob, yang mestinya bisa kujawab dengan baik…
Pertanyaan pertanyaan berikutnya yang memang memaksa harus berpikir keras dan dua kali..

Lama sekali rasanya 45 menit itu, meskipun Ad Kaptein sudah bercerita panjang mengenai caraku sampling dengan sedikit joke mengenai scooter, kok ya masih lama…Pertanyaan terakhir dari P Vermeij, yang memang farmasis banget…alhamdulillah baru separo jawab pertanyaan, pak tua berjenggot masuk dan mengatakan Hora Es, yang artinya, wis rampung (mungkin ….). Wow rasanya…plong banget

Rombongan rektor keluar ruangan…aku peluk Nielka, dia langsung nyerocos, bilang kalau aku menjawab semua pertanyaan dengan baik dan lancar. Aduh lega banget…komentar dari mas Din, meskipun dia gak tahu materinya apa, tapi dia ngerti aku bisa menjawab dengan baik (kok bisa ya?)

Sempat ngobrol sedikit dengan teman teman di belakang yang dari tadi menyaksikan, sampai rombongan rektor masuk lagi dan menyatakan kalau saya lulus, diikuti dengan penyerahan ijazah dan pembacaan kesan pesan oleh promotor kedua.

Terharu sekali dalam pembacaan kesan pesan itu, diawali dengan bagaimana mereka menerimaku sebagai student, sampai menceritakan perjalanan studiku, sampai menyebut nama kedua anakku yang setia menunggu mamanya pulang dengan membawa gelar di Indonesia, suamiku juga tentunya.
Tidak bisa dilupakan moment seperti ini, tapi kalau disuruh ngulang nggak deh. bener bener permainan hati dan pikiran ……

nah sampai sini dulu cerita tentang defense ny…tentang resepsi dan makan malam, menyusul ya..
sukses untuk semua


2 Responses to “Akhirnya…PhD dari LUMC, Leiden University, the oldest university in Holland”


  1. 1 bintari
    February 27, 2012 at 2:19 pm

    slamaaat ya Bu!! hehehe,, jd inget cerita Bu Dyah di kelas tadi tentang Thesis Stress,, hehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: