22
Jan
13

Filipina, 20 January, 2013, Phillipine Pharmacy Summit

Alhamdulillah
DSC05816
Pada Bulan Desember 2012, rekan ku di Filipina Eric mengundangku untuk menjadi pembicara di acara Phillipine Pharmacy summit yang akan diadakan tanggal 20 Januari 2013. Sungguh undangan yang luar biasa, karena disitu akan ada pembicara lain dari Thailand dan Taiwan. Sejak awal eric sudah mengatakan kalau panitia hanya mengganti tiket dan akomodasi, namun karena memberikan materi Personalized Medicine di mahasiswa negara lain belum pernah aku lakukan, maka tawaran tersebut tidak aku sia siakan. Temanya sangat menarik: Peran Farmasis dalam Individualisasi Terapi,yang harus disampaikan dalam waktu 30 menit.
Meskipun dalam hati aku bertanya: kapan mahasiswaku tertarik hal ini ya…..:D
Cerita tentang perjalanan ke Filipina…aku menggunakan pesawat MH dan harus transit di KLIA 3 jam..tapi aku enjoy transit disana, relax dan suasananya menyenangkan. Berangkat jam 5 pagi dari rumah, Sampai di Filipina jam 9 malam, langsung ke area penjemputan (underground) dan menunggu di tempat yang surename nya P (Perwitasari). Sebelumnya beli sim card smart 500 peso dan register BB ke 2207: BB WEEKLY. beres deh urusan komunikasi dengan keluarga.
Eric menjemput dan langsung ke hotel Kimberly yang lokasinya di depan University of Phillipines, yang khusus ilmu kesehatan termasuk departemen farmasi.
DSC05782
Langsung teler, istirahat, baca ppt sebentar dan esoknya dijemput jam 7 pagi. Selisih waktu dengan Indonesia adalah 1 jam lebih awal.
DSC05782
Sebagai pembicara kami diberi kalung penyambutan, diperkenalkan dengan Dean Imelda Pena. Acara sangat simple tapi menarik. Coffee break juga simple, juga dengan makan siangnya.
Pembicara pertama dari Thailand adalah Dr Krisana, beliau mempresentasikan bagaimana mengawali pembuatan tablet ARV dan antimalaria di benua afrika dengan keterbatasan dana, saran prasarana dan SDM. Sangat menarikkkkkkk, keren…..beliau menginisiasi pembuatan pabrik, pembelian mesin….luar biasa.
Pembicara kedua mempresentasikan tentang Thai massage dan prakteknya, pembicara ketiga mempresentasikan tentang sintesa senyawa kimia dari bahan alam. Sampai tiba saat aku menyampaikan materi, cukup ngebut karena waktu didiskon lagi menjadi 25 menit. Selesai sih tapi merasa tidak puas. Di akhir presentasi, aku tanya Eric, bagaimana presentasiku, Eric mengatakan sangat baik dan mahasiswa langsung aktif berdiskusi menanyakan aplikasi farmakogenetik dihubungkan denga formularium nasional. Wow luar biasa mereka, memang materi baru, tapi cukup memberi inspirasi. Yah intinya, mudah mudahan ilmu ini cukup memberi wacana untuk mereka. Dua pembicara terakhir mempresentasikan enterpreunership dan perkembangan industri farmasi Phillipine di Indonesia.

Pada seminar itu juga diluncurkan website : Ask your Pharmacy…dan aku diminta menjadi salah satu modelnya,,he he. model dari Indonesia yang pake baju batik (khusus desain mbak Erwin).
DSC05799
Setelah seminar selesai, dilanjutkan makan malam di rumah makan vegetarian. Mereka sangat menghargai aku sebagai muslim, sehingga dipilih dinner di RM vegetarian..
DSC05797
Saat pulang, beberapa suvenir diberikan, antara lain sertifikat dalam bentuk plague berbingkai, piring seperti kerajinan murano yang hanya beredar 750 pcs, sedangkan piring ku adalah cetakan no 251 he he, taplak meja khas filipina dan makanan khas filipina, buah mangga kuning favoritku…Eric tahu aku suka mangga itu.

sampai di rumah jam 9 malam langsung istirahat, karena besok ada acara academic tour, historical tour dan shopping…..

Luar biasa pengalaman ini, semoga apoteker Indonesia juga tertarik dengan ilmu ini, khususnya mahasiswa farmasi di Indonesi juga tertarik..
Hopefully


0 Responses to “Filipina, 20 January, 2013, Phillipine Pharmacy Summit”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: